Apa Benar PDIP Diambil Alih untuk Putar Haluan Berikan Dukungan Kepada Prabowo Subianto?

Beredar bermacam kabar yang perlu ditelaah kebenarannya, termasuk soal kontestasi pemilu 2024.

Ada informasi yang menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo mengambil alih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) serta memberikan dukungan kepada capres dari Partai Gerindra, yaitu Prabowo Subianto.

Dikutip dari Turnbackhoax.id, di halaman Facebook sebuah akun bernama Perspektif mengunggah video berjudul “JOKOWI MENANTANG MAUT!! AMBIL ALIH KURSI PDIP DARI MAK MEGA ATAS PERINTAH JOKOWI LANGSUNG BUBARKAN PDIP!!DUKUNG PRABOWO”.

Dengan foto thumbnail paling kiri adalah sosok Prabowo Subianto, bagian tengah Presiden Joko Widodo, dan sebelah kanan Sekjen PDIP Harto Kristanto, serta paling kanan Megawati Soekarnoputri.

Apakah informasi dalam video ini mengandung kebenaran?

CEK FAKTA

Dalam video tidak ditemukan informasi kredibel bahwa Presiden Joko Widodo mengambilalih PDIP dan mendukung Prabowo Subianto.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id melakukan penelusuran dan hasilnya thumbnail yang ditampilkan dalam video adalah hasil manipulasi.

Video hanya berisi cuplikan dari beberapa video yang telah beredar di internet sebelumnya, yang tidak ada kaitannya dengan klaim narasi.

Narator dalam video ini hanya membacakan artikel dari rmol.id berjudul “Effendi Simbolon dan Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Internal PDIP Pecah?” dan terbit paruh Juli (19/7/2023). Juga dari Suara.com berjudul “Budiman Sudjatmiko Resmi Gabung Gerindra Usai Temui Prabowo? PDIP Langsung Bereaksi” yang diunggah pada saat sama.

Selain itu, dengan sumber resmi dari pdiperjuangan.id, posisi ketua umum PDIP masih dijabat Megawati Soekarnoputri.

KESIMPULAN

Video dengan judul “JOKOWI MENANTANG MAUT!! AMBIL ALIH KURSI PDIP DARI MAK MEGA ATAS PERINTAH JOKOWI LANGSUNG BUBARKAN PDIP!!DUKUNG PRABOWO” memiliki konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]

Quoted From Many Source

Baca Juga  Berbagi Kebahagiaan Ramadan dengan Fasilitas Eksklusif Penuh Gaya di The St. Regis Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *