Apa Betul Frank Wormuth Bikin Pernyataan, “Gantikan Posisi Bima Sakti Jadi Harapan Saya”?

Kocak, dari judulnya saja video ini sudah salah. Kontennya pasti tidak bisa dikategorikan valid.

Telah terjadi disinformasi yang menyatakan bahwa Frank Wormuth menemui Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk menggantikan posisi Bima Sakti. Informasi ini termasuk ke dalam konten dengan kategori menyesatkan atau misleading content.

Berita Frank Wormuth telah menemui Erick Thohir, Ketua PSSI untuk menggantikan pelatih Timnas U-17 Bima Sakti yang anak didiknya dikalahkan dua kali dalam laga melawan FC Barcelona Juvenil A dan Kashima Antlers ini dibagikan lewat kanal YouTube atas nama akun TIMNAS UPDATE dalam bentuk video. Judulnya “KABAR GEMBIRA !! Frank Wormuth Temui Ketum PSSI Untuk Gantikan Posisi Bima Sakti Jadi Harapan Saya”.

Foto thumbnail terbagi menjadi dua sisi, kiri adalah Frank Wormuth tengah berdiskusi bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir, didampingi Wakil Ketua PSSI Zainudin Amali, serta Coach U-23 Indra Sjahri. Sedang sisi kanan memperlihatkan Frank Wormuth tengah bercakap dengan para pemain sepak bola yang didampingi coach U-17 Bima Sakti.

Tulisan penyertanya adalah “LANGSUNG BERTEMU KETUA UMUM FRANK WORMUTH MINTA GANTIKAN BIMA SAKTI JADI PELATIH TIMNAS U17”.

Benarkah bahwa seorang Frank Wormuth meminta kepada Ketua Umum PSSI untuk menggantikan peran Coach Bima Sakti?

Dua foto yang dibingkai dalam satu frame ini sama sekali tidak bermakna Frank Wormuth ingin gantikan peran Bima Sakti (sumber: [screenshot YouTube].)

PENJELASAN

Metro Suara.com mengadakan penelusuran judul, foto dan konten video, hasilnya:

* Judul terasa lucu dan janggal, juga menggambarkan keinginan pembuat video sendiri, bukan kalimat seorang Frank Wormuth. Coba saja dibaca perlahan: “KABAR GEMBIRA !! Frank Wormuth Temui Ketum PSSI Untuk Gantikan Posisi Bima Sakti Jadi Harapan Saya”.
Fakta: penulisan ini menimbulkan makna membingungkan, apakah Frank Wormuth mengeluarkan pernyataan itu, atau karena canggihnya pembuat judul sehingga tanpa sadar menyodorkan dirinya sendiri untuk membuat komentar atas nama subjek, dalam hal ini Frank Wormuth.
Logika: kalimat “Frank Wormuth Temui Ketum PSSI Untuk Gantikan Posisi Bima Sakti Jadi Harapan Saya” menggambarkan harapan si pembuat video, karena “saya” di sini bukan menjadi penjelas untuk Frank Wormuth, kecuali bila kalimatnya menjadi “Frank Wormuth Temui Ketum PSSI Untuk Gantikan Posisi Bima Sakti” saja, atau “Frank Wormuth Temui Ketum PSSI: “Gantikan Posisi Bima Sakti Jadi Harapan Saya”” yang menunjukkan kalimat langsung diucapkan Frank Wormuth.

Baca Juga  Honda Luncurkan Motor Matik Rp19 Jutaan, Bensinnya Irit Banget

Baca Juga:Gabung di Shopee Live, Ruben Onsu Dapat Cuan Miliaran Rupiah dalam Sehari!

* Foto thumbnail tidak menggambarkan Frank Wormuth tengah minta perubahan jabatan kepada Erik Thohir (kiri) juga bukan tengah memberikan pernyataan di depan Timnas U-17 disaksikan Bima Sakti sebagai pelatih tim ini.
Fakta: jabatan yang akan disandang Frank Wormuth setelah masa percobaan empat bulan adalah menjadi direktur teknik atau dirtek PSSI, bukan pelatih atau coach, seperti Shin Tae-yong, Indra Sjafri, serta Bima Sakti.

* Konten video setali tiga uang atau sebangun dan senada dengan unggahan akun bernama CALON GARUDA TEAM, yang telah ditelusuri Metro Suara.com. Kedua video ini menyatakan Frank Wormuth datang menemui Ketua Umum PSSI untuk menggantikan Bima Sakti. Bedanya, di video ini disebutkan Bima Sakti tidak ada dalam pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum Zainudin Amali, Frank Wormuth, serta Indra Sjafri karena masih berada di Bali.

* Pada menit 0:40 narator yang hanya membacakan artikel media kredibel menyebutkan Frank Wormuth memiliki tugas mendampingi pelatih U-17. Sehingga jelas bahwa judul memiliki tujuan agar mendapat perhatian, meski susunan atau tata bahasanya membingungkan.

Video berjudul “KABAR GEMBIRA !! Frank Wormuth Temui Ketum PSSI Untuk Gantikan Posisi Bima Sakti Jadi Harapan Saya” memiliki konten menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Baca Juga:Richard Eliezer Pudihang Lumiu Sudah Bebas Bersyarat, Ferdy Sambo Batal Dihukum Mati

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Baca Juga  5 Tips Belajar Ala Mahasiswa Harvard yang Bantu Optimalkan Proses Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *