Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta 10 Manfaatnya untuk Kesehatan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa puasa Senin Kamis memiliki banyak keistimewaan, salah satunya ialah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah alasannya mengapa Rasulullah selalu rajin mengerjakan puasa Senin Kamis hingga menganjurkannya kepada umat muslim. Untuk itu, berikut beberapa manfaat kesehatan yang ditimbulkan dari pauas Senin Kamis:

1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Berpuasa dapat menjadikan tubuh lebih sehat, hal ini juga sudah sering dibuktikan kebenarannya secara medis karena dengan berpuasa, sistem pencernaan akan lancar dan sehat. Selain itu, berpuasa Senin Kamis juga dapat melatih kecerdasan emosional sehingga kamu dapat mengontrol diri dan tidak mudah mengalami depresi.

2. Mampu Menguatkan Jiwa

Berpuasa Senin Kamis juga bermanfaat untuk kesehatan mental karena dapat menguatkan jiwa. Saat melaksanakannya, puasa sunnah ini digambarkan layaknya sebuah perisai untuk kejiwaan. Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Selama berpuasa, kamu dituntut untuk melawan hawa nafsu dan lebih bisa bersikap sabar dalam menghadapi setiap cobaan yang hadir. Kamu juga akan merasa tenang selama berpuasa karena amalan ini juga meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

3. Metode yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

Berikutnya, manfaat puasa senin kamis juga dapat dijadikan sebagai metode yang tepat untuk menurunkan berat badan. Ada banyak trik diet yang menyiksa dan dapat mengancam kesehatan karena secara tidak langsung memberikan sugesti kepada seseorang untuk tidak mengonsumsi makanan dalam jangka waktu yang lama dan hal ini bisa berakibat fatal untuk kesehatan.

Namun tentu saja tidak dengan cara berpuasa Senin Kamis, ketika kamu rajin dan disiplin dalam melaksanakannya maka secara perlahan kamu akan terbiasa untuk menerapkan pola hidup sehat tanpa perlu melakukan pola diet yang menyiksa dan berbahaya bagi lambung.

Baca Juga  Tips Mengolah Buah Agar Tidak Mudah Busuk

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Untuk kamu yang selalu memiliki permasalahan atau gangguan tidur, puasa Senin Kamis bisa menjadi solusinya. Hal ini karena selama berpuasa, kamu akan mulai membiasakan diri untuk menyesuaikan jam makan malam dengan jam berbuka, sehingga lebih awal dari jam makan malam kebanyakan orang.

Kebiasaan ini membuat lambung punya lebih banyak waktu untuk mencerna makanan dengan baik sebelum kamu tidur. Jadi saat tidur, perut terasa lebih ringan dan tidak begah. Dengan begitu, kamu akan tidur lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan lebih segar.

5. Memperpanjang Umur

Berpuasa Senin Kamis dapat memberikan implikasi yang baik pada tubuh karena bisa mengajarkanmu pola hidup sehat, dimulai dari cara mengatur asupan makanan. Secara otomatis ketika tubuhmu menjadi lebih sehat maka akan berdampak pada kualitas dan panjang usia. Memang untuk urusan umur tidak ada yang bisa menjamin, namun menjadi masuk akal ketika tubuh dalam kondisi sehat maka harapan usia menjadi lebih tinggi ketimbang kondisi tubuh yang sakit.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *