Benarkah Hotman Paris Hutapea Ditunjuk Presiden untuk Jadi Kuasa Hukum Tangani Perkara dengan Rocky Gerung?

Informasi salah tentang persoalan penghinaan terhadap kepala negara yang sedang hangat.

Telah beredar disinformasi penunjukan Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum Presiden RI dalam menangani kasus penghinaan terhadap kepala negara yang dilakukan tokoh politik Rocky Gerung.

Kabar ini disebarkan via kanal YouTube oleh akun bernama POLITIK NUSANTARA yang mengunggah video berjudul “JOKOWI TUNJUK HOTMAN PARIS SEBAGAI PENGACARA UNTUK HADAPI ROCKY GERUNG”.

Foto thumbnail adalah Hotman Paris Hutapea tengah berbicara dikelilingi jurnalis, dan kalimat penyerta “BREAKING NEWS …!! JOKOWI TUNJUK HOTMAN SEBAGAI PENGACARA ROKY TIDAK AKAN BISA KABUR DARI JERATAN HUKUM”.

Narasinya adalah Presiden RI menunjuk pengacara Hotman Paris sebagai pengacara beliau dalam menghadapi Rocky Gerung.

Benarkah berita yang disampaikan dalam bentuk tayangan video ini?

CEK FAKTA

Kabar yang disebarluaskan tentang penunjukan Hotman Paris ini tidak benar alias salah sama sekali.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id melakukan penelusuran dan hasilnya adalah:

* Foto thumbnail video yang menampilkan Hotman Paris sedang diwawancarai oleh media identik dengan foto yang dimuat pada artikel kompas.com berjudul “Hotman Paris Permasalahkan Bukti Chat antara Teddy Minahasa dan Dody” yang diunggah pada 2 Maret 2023.

Foto ini menunjukkan Hotman Paris selaku Kuasa Hukum Eks Kapolda Sumatera Barat Teddy Minahasa ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada Kamis, 2 Maret 2023.

* Isi video dari awal hingga akhir tidak ditemukan pemberitaan mengenai klaim narasi yang beredar. Video hanya menampilkan cuplikan dari beberapa video berbeda yang digabung menjadi satu.

* Narator dalam video hanya membacakan artikel dari tribunnews.com berjudul “HOTMAN Paris Buka Suara Kasus Rocky Gerung Hina Presiden Jokowi, Bisa Dieksekusi Pakai Cara Ini” yang diunggah pada 3 Agustus 2023.

Baca Juga  7 Zodiak Mudah Bahagia karena Kebiasaan Unik yang Dimilikinya

Menilik keseluruhan video berjudul “JOKOWI TUNJUK HOTMAN PARIS SEBAGAI PENGACARA UNTUK HADAPI ROCKY GERUNG” terbukti video memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.
    
Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].
   

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *