Gempa 5,1 SR Guncang California saat Diterjang Badai Hilary

TEMPO.CO, Jakarta – Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang sebagian besar California Selatan, Amerika Serikat saat penduduk bersiap menghadapi terjangan Badai Hilary.

Belum ada laporan tentang kerusakan atau cedera akibat gempa, yang terjadi pada pukul 14:41. waktu setempat, kira-kira 7 kilometer tenggara komunitas Ojai California Selatan di Ventura County. Gempa itu diikuti oleh beberapa gempa susulan yang lebih kecil.

“Tidak ada laporan segera mengenai kerusakan saat ini, tetapi gempa dirasakan secara luas di seluruh Ventura County,” kata sebuah pernyataan di situs web informasi Ventura.

Sistem Peringatan Tsunami AS mengatakan tidak ada ancaman tsunami dari gempa tersebut.

Sementara itu, hujan turun di California Selatan saat Badai Hilary bergerak menuju negara bagian itu setelah menerjang Semenanjung Baja California di Meksiko sehari sebelumnya.

Badan Metereologi AS memperingatkan kemungkinan bencana banjir setelah badai menghantam Semenanjung Baja California Meksiko dengan hujan lebat.

Satu orang tewas di Meksiko di tengah laporan banjir bandang di semenanjung, di mana beberapa jalan terendam. Gambar di media sosial menunjukkan aliran air yang deras mengalir di jalan-jalan kota yang telah berubah menjadi sungai.

Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat untuk sebagian besar California Selatan, dengan peringatan banjir bandang berlaku di seluruh wilayah yang lebih terbiasa dengan kekeringan.

Ratusan penerbangan di San Diego, Las Vegas, dan Los Angeles dibatalkan, dan pertandingan olahraga profesional dijadwal ulang. Distrik Sekolah Terpadu Los Angeles dan Distrik Sekolah Terpadu San Diego membatalkan kelas pada Senin 21 Agustus 2023.

San Diego County, tepat di utara perbatasan Meksiko, bersiap menghadapi badai tropis pertama dalam sejarah. Di seluruh California Selatan, beberapa daerah gurun dan pegunungan dapat menerima curah hujan selama satu tahun dalam satu hari. Beberapa daerah juga bisa mengalami tornado.

Baca Juga  Shin Tae-Yong Mesti Tangani Timnas U-17 karena Bima Sakti Gagal Dalam Laga Kontra Barca Junior?

Banjir mengalir melalui tepian beton Sungai Los Angeles, yang biasanya hanya menampung sedikit air. Di Ocotillo, sebuah kota gurun sekitar 145 kilometer di timur San Diego, longsoran batu membawa batu-batu besar turun di Interstate 8, menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan raya menuju Arizona.

Hilary akan menjadi badai kekuatan tropis pertama yang tercatat pernah melanda San Diego County, dan badai seperti itu sangat jarang terjadi di California Selatan. Badai Nora menghantam bagian terpencil Imperial County di timur pada 1997, dan pada 1939.

Daerah pegunungan dan gurun bisa mendapatkan curah hujan 12 hingga 25 sentimeter, kata peramal cuaca.

Iklan

“Di beberapa tempat di padang pasir, curah hujan itu setara jumlah satu tahun,” kata Alex Tardy, seorang ahli meteorologi senior untuk National Oceanic and Atmospheric Administration di San Diego, dalam jumpa pers. “Hujan normal di California Selatan dan San Diego biasanya tidak terjadi Agustus. Jadi, peristiwa yang sangat tidak biasa terjadi di sini.”

Di Palm Springs, tempat liburan gurun di Riverside County sekitar 160 kilometer timur Los Angeles, jalanan tergenang air. Kota berpenduduk 45.000 orang biasanya mendapat curah hujan sekitar 4,6 inci dalam satu tahun penuh dan dapat menerima 6-10 inci dari badai yang satu ini.

Daerah Death Valley California, yang menerima hanya sekitar 2,2 inci hujan per tahun, dapat menerima 3-4 inci dari peristiwa ini.

Badai Hilary, yang mendarat pada hari sebelumnya di bagian utara semenanjung Baja California, telah melemah selama 48 jam terakhir. “Namun, badai itu masih ditetapkan sebagai badai terbasah yang pernah melanda AS Barat Daya,” menurut Zack Taylor, seorang ahli meteorologi di National Weather Service (NWS).

Baca Juga  Waspada dengan Self-Sabotage, Perilaku Destruktif yang Bisa Menghambat Kesuksesan

Hilary membawa angin dengan kecepatan tertinggi 96 kilometer per jam dan pusatnya diperkirakan meluncur di atas bagian utara semenanjung dan kemudian bergerak melintasi California Selatan pada Minggu sore, kata National Hurricane Center (NHC).

Lonjakan badai – ketika lautan didorong ke daratan – menghasilkan banjir pesisir di beberapa bagian Baja Californi. Badai tersebut membawa hujan lebat yang dapat menyebabkan bencana banjir di beberapa daerah, tambah NHC. Ombak berbahaya menghantam pantai-pantai di California Selatan.

Di Meksiko, hampir 1.900 orang telah dievakuasi ke tempat perlindungan di Semenanjung Baja California, menurut tentara negara itu.

Di sekitar kota pesisir Mulege, di sisi timur semenanjung Baja California, satu orang tewas setelah keluarganya hanyut saat menyeberangi sungai pada Sabtu. Saluran telepon dan listrik terputus di beberapa desa sekitarnya setelah tiang lampu jatuh, tambah tentara Meksiko.

Angkatan Laut Meksiko juga mengevakuasi sekitar 850 orang dari lima pulau di jalur Hilary, yang sebelumnya ditetapkan sebagai badai Kategori 4 sebelum melemah.

Pilihan Editor: Meksiko hingga California Terancam Banjir akibat Badai Hilary

REUTERS



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *