Jembatan Cibiru Hilir Akses Stasiun Kereta Cepat Tegalluar Beroperasi, KCIC: 15 Menit ke Kota Bandung

TEMPO.CO, Jakarta – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengumumkan Jembatan Cibiru Hilir yang berada di Cileunyi, Kabupaten Bandung mulai beroperasi Kamis, 10 Agustus 2023. Jembatan Cibiru Hilir itu membuat akses masyarakat menuju Stasiun Tegalluar—salah satu stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)—menjadi lebih mudah. 

“Alhamdulillah pembangunan Jembatan Cibiru Hilir ini sudah rampung. Saat ini jembatan Cibiru Hilir sudah bisa digunakan masyarakat dan nantinya akan mempermudah masyarakat untuk mengakses Stasiun KA Cepat Tegalluar,” ujar Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi—disapa Edo—lewat keterangan tertulis pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Dengan jembatan ini, perjalanan dari Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung menuju Stasiun Tegalluar hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Melalui wilayah Summarecon, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dan melewati Jembatan Cibiru Hilir. 

Sementara, jika melalui tol dari arah Bandung, masyarakat bisa melalui exit KM 149 Tol Purbaleunyi yang akan segera dibuka, kemudian melintasi wilayah Summarecon, GBLA, dan melewati Jembatan Cibiru Hilir waktu tempuhnya 10 menit. Dengan jembatan ini pula, StasiunTegalluar juga akan terhubung dengan Stasiun Cimekar sekitar 15 menit dan 20 menit ke Stasiun Gedebage.

Jembatan Cibiru Hilir ini akan menggantikan Jembatan Cibiru eksisting yang berada tepat di sisi kanan jembatan baru. “Nantinya selain dari Jembatan Cibiru Hilir, Stasiun Tegalluar juga bisa diakses melalui exit tol KM 151A dan Drop Zone Tol KM 151B yang saat ini sedang dipersiapkan,” kata Edo.

Pembangunan Jembatan Cibiru Hilir sudah berlangsung sejak November 2020-April 2021 untuk tahap 1 pembangunan struktur bawah. Kemudian Maret-Agustus 2023 untuk tahap 2 pembangunan struktur atas. 

Jembatan ini memiliki panjang 734 meter dengan lebar 9 meter, termasuk jalur pejalan kaki selebar 1 meter di setiap sisinya. Hal ini membuat Jembatan Cibiru Hilir lebih lebar dari sebelumnya yang hanya memiliki lebar 4 meter. Dengan demikian, jembatan baru ini mampu mengakomodir pergerakan untuk 2 kendaraan roda 4 sekaligus. 

Baca Juga  Mobil Listrik Neta Tampil di GIIAS 2023, akan Dirakit Lokal Tahun Depan

Selanjutnya: “KCIC akan terus memperbanyak akses….”



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *