Menengok Serba Wah Bus Double Decker di GIIAS 2023

TEMPO.CO, Jakarta – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show disingkat GIIAS 2023 berlangsung pada 10-20 Agustus 2023 adalah pameran otomotif terbesar. Pameran otomotif tahunan ini menghadirkan puluhan merek dari industri otomotif.

Tiga karoseri Indonesia, yakni karoseri Adiputro, karoseri Laksana, dan karoseri Tentrem turut andil pada pameran GIIAS 2023. Mereka masing-masing menampilkan deretan bus  double decker unggulannya. Bahkan, beberapa bus itu menjadi yang paling favorit bagi para pengunjung GIIAS 2023.

Apa itu bus double decker (DD)?

Dikutip dari bakri.uma.ac.id, bus double decker merupakan tipe bus bertingkat dengan ketinggian sekitar 4,15 meter. Bus ini biasanya difungsikan sebagai bus wisata atau perjalanan antarkota antarprovinsi (AKAP). 

Selain ukuran lebih luas dan memiliki dek bertingkat yang dihubungkan melalui tangga, fasilitas yang ditawarkan juga ekstra nyaman, salah satunya Sleeper atau kursi rebahan pada dek bawah di belakang kabin supir. 

Bus mewah double decker PO Primadona Makassar. (Dok PO Primadona)

Kapasitas penumpang untuk bus ini bisa sampai 50 orang. Jadi, sangat memungkinkan bagi Anda yang ingin traveling dengan keluarga besar.

Sejarah bus double decker

Iklan

Dikutip dari laman cs.mcgill.ca, bus double decker populer di beberapa kota di Eropa dan Asia. Bus double decker pertama kali muncul pada abad ke-19 di Inggris. Salah satu perusahaan pertama yang menggunakan bus ini adalah London General Omnibus Company pada 1829. 

Saat itu, bus double decker pertama masih ditarik oleh kuda dan memiliki atap terbuka. Seiring berjalannya waktu, desain bus ini mengalami berbagai perubahan, termasuk penutup atap untuk melindungi penumpang dari cuaca buruk.

Pengembangan teknologi dan inovasi desain membawa perubahan signifikan dalam bus double decker. Awalnya, bus ini ditenagai oleh tenaga kuda, kemudian digantikan oleh mesin uap dan akhirnya oleh mesin bensin atau diesel. 

Baca Juga  Di Sidang Cerai, Inara Rusli Bawa 2 Saksi dan 90 Bukti Terkait Virgoun Selingkuh

Ditampilkan di GIIAS 2023, desain bus DD itu semakin ergonomis dan nyaman bagi penumpang. Kini, bus double decker memiliki fasilitas modern seperti AC, toilet lebar, kursi yang empuk, bahkan kursi model rebahan untuk tidur, dan berbagai fasilitas hiburan.

KAKAK INDRA PURNAMA | DICKY KURNIAWAN
Pilihan editor: Kunjungi GIIAS 2023 Ridwan Kamil Kaget Banyak Merek Mobil Cina



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *