Pentingnya Mandiri secara Finansial bagi Kaum Perempuan

Dilansir melalui laman resmi Clever Girl Finance, berikut adalah cara untuk perempuan agar memiliki kemampuan untuk menjadi mandiri secara finansial:  

1. Ubahlah pola pikirmu  

Sebelum kamu memulai, cobalah cari tahu arti dari kemampuan finansial yang mandiri dan bagaimana hal tersebut dapat mengubah kehidupanmu. Jika kamu memiliki kebiasaan yang “buruk” akan keuangan seperti rasa takut untuk mengelolanya, sekarang saatnya untuk berubah. 

Dan ingat, selama kamu terus mengasah kemampuan finansial mu, maka pola pikirmu juga akan menjadi lebih baik dan terus terasah. Bangun pagi setiap hari dan berikan afirmasi positif untuk diri seperti “Aku bisa menghasilkan uang sebanyak apapun” dan “Aku pandai mengatur keuangan” adalah waktu yang baik untuk memulai hari.  

2. Tingkatkan pemahaman mengenai dunia keuangan

Jika kamu ingin memiliki kemampuan finansial mandiri yang baik, kamu dapat memulainya dengan membaca bacaan yang berhubungan dengan dunia keuangan. Lakukan riset mengenai istilah keuangan seperti menabung, investasi, dan apapun yang berkaitan dengan uang. Kamu bisa mendapatkannya melalui podcast, buku bacaan, maupun blog

Cobalah untuk cari tahu jawaban atas pertanyaan ataupun hal yang kamu tidak mengerti, dan jangan takut untuk bertanya kepada teman maupun ahli yang mengerti karena dengan terus belajar melalui jawaban dari pertanyaan adalah bagian terpenting dalam meningkatkan kemampuan bacaan.

3. Buatlah sistem pengaturan untuk pemasukan dan pengeluaran 

Terakhir buatlah sistem budget untuk pemasukan dan pengeluaran. Kamu bisa memilih 1 hari di antara hari senin hingga jumat, misalnya pada hari Jumat kamu lakukan budgeting. Lakukan secara rutin hingga dapat menjadi kebiasaan yang kamu lakukan. 

Kamu tidak perlu untuk mengatur budget setiap harinya. Namun pastikan untuk selalu berada dalam trek limit ketika kamu ingin menghabiskannya untuk hal tertentu, sehingga pencapaian atas pengelolaan keuangan yang mandiri dapat tercapai.

Baca Juga  Ada yang Baru dari Motor Honda Besok

 

*Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *