Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan yang Harus Dipelajari

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang terakhir adalah pembentukan spindle, lisosom dan sitokinesis sel. Berikut penjelasannya:

1. Pembentukan Spindle

Sel hewan dan sel tumbuhan dapat dibedakan melalui pembentukan spindle. Spindle memiliki fungsi sebagai penggerak kromosom pada saat pembelahan sel, yang memiliki bentuk seperti benang. Sel tumbuhan terbentuk secara anastral, yang pembentukannya tanpa adanya aster di kutub yang berlawanan. Sedangkan sel hewan terbentuk karena adanya amphiastral, yang pembentukannya menggunakan aster atau ester pada setiap kutub.

2. Lisosom

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dibedakan melalui lisosom. Lisosom adalah organel sel dengan bentuk kantong, yang memiliki fungsi sebagai sistem pencernaan intrasel. Di dalam sel tumbuhan tidak terdapat lisosom, karena di tumbuhan tidak memiliki sistem pencernaan. Sedangkan hewan memiliki sistem pencernaan, sehingga sel hewan memiliki lisosom yang mengandung sejumlah enzim untuk membantu proses pencernaan dalam hewan.

3. Sitokinesis Sel

Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang terakhir, dibedakan karena adanya sitokinesis sel yang merupakan salah satu bagian dari proses pembelahan sel. Sintokinesis sel pada tumbuhan akan membentuk lempeng mitosis. Sitokinesis sel dalam sel hewan membentuk furrowing.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Happy Asmara Disebut Menyesal Gagal Menikah dengan Denny Caknan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *